15 Maret 2009

Pengertian Teknologi Informasi

BAB I

KONSEP DASAR TEKNOLOGI INFORMASI

  1. Pengertian Teknologi Informasi

Teknologi informasi adalah seperangkat alat yang digunakan kita bekerja dengan informasi dan melakukan tugas-tugas yang berhubungan dengan pemrosesan informasi.(Menurut Haag dan Keen).

Teknologi informasi tidak hanya terbatas pada teknologi komputer yang digunakan untuk memproses dan menyimpan informasi, melainkan juga mencakup teknologi komunikasi untuk mengirimkan informasi (Martin (1999).

Teknologi informasi adalah teknologi yang menggabungkan komputasi dengan jalur komunikasi berkecepatan tinggi yang membawa data, suara, dan video. (Williams & Sawyer).

Dari ketiga definisi diatas dapat kita ambil kesimpulan bahwa Ti adalah gabungan antara teknologi komputer dengan teknologi komunikasi.

Berikut ini akan dijelaskan apa yang dimaksud dengan teknologi komputer dan teknologi komunikasi.

  1. Teknologi Komputer

Adalah teknologi yang berhubungan dengan komputer, termasuk peralatan yang berhubungan dengan komputer seperti print, pembaca sidik jari, CD-ROM.

Komputer adalah mesin serba guna yang dapat dikontrol oleh program , digunakan untuk mengolah data informasi.

Program adalah deretan intruksi yang digunakan untuk mengendalikan komputer sehingga komputer dapat melakukan tindakan sesuai yang dikehendaki pembuatnya.

Data adalah bahan mentah bagi komputer yang dapat berupa angka dan gambar, sedangkan informasi adalah bentuk data yang telah diolah sehingga dapat menjadi bahan yang berguna untuk pengambilan keputusan.

  1. Teknologi Komunikasi

Adalah teknologi yang berhubungan dengan komunikasi jarak jauh. Yang termasuk dalam teknkologi ini adalah telepon,radio, dan televisi.

  1. Pengelompokan Teknologi Informasi

Teknologi informasi dapat dikelompokan menjadi 6 teknologi, yaitu:

    1. Teknologi Masukan

Teknoklogi masukan adalah teknologi yang berhubungan dengan peralatan untuk memasukan data dalam sistem komputer. Piranti masukan yang lazim dijumpai dalam sistem komputer berupa keyboard dan mouse.

    1. Mesin Pemroses

Mesin pemroses yang lebih dikenal dengan sebutan CPU , mikroprocessor, atau processor. Contoh processor yang terkenal antara lain Pentium dan PowerPC. Sesuai dengan namanya, CPU merupakan bagian dalam sistem koputer yang menjadi pusat pengolah data dengan cara menjalankan program yang mengatur pengolah tersebut.

    1. Teknologi Penyimpanan

Teknologi penyimpanan didedakan menjadi dua kelompok, yaitu memori internal dan eksternal.

      1. Memori internal berfungsi sebagai pengingat sementara baik bagi data, program, maupun informasi ketika proses pengolahannya dilaksanakan oleh CPU. Dua contoh memori internal yaitu ROM dan RAM. ROM (Read Only Memory) adalah memori yang hanya bisa dibaca, sedangkan RAM (Random Acces Memory) adalah memori yang isinya bisa diperbaharui.

      2. Memori eksternal (ekstern storage) dikenal juga dengan sebutan penyimpanan sekunder. Penyimpanan eksternal adalah segala piranti yang berfungsi untuk menyimpan data secara permanen. Disini berarti bahwa data yang terdapat pada penyimpanan akan tetap terpelihara dengan baik sekalipun komputer sudah dalam keadaan mati. Hard disk dan disket merupakan contoh penyimpanan eksternal.

    1. Teknologi Keluran

Teknologi keluaran adalah teknologi yang berhubungan dengan segala piranti yang berfungsi untuk menyajikan informasi hasil pengolahan sistem. Layar atau monitor dan printer merupakan piranti yang digunakan sebagai piranti keluaran.

    1. Teknologi Perangkat Lunak

Perangkat lunak (software) adalah deretan instruksi yang digunakan untuk mengendalikan komputer sehingga komputer dapat melakukan tindakan sesuai yang dikehendaki pembuatnya.

C. Komponen Sistem Teknologi Informasi

Sistem teknologi informasi tersusun atas komponen-komponen yang dapat dilihat dibawah ini.

  1. Perangkat Keras (hardware), merupakan bagian komputer yang dapat dipegang atau merupakan peralatan itu sendiri. Hardware berfungsi untuk menjalankan perangkat lunak.


    1. Perangkat Lunak (Software)

Perangkat lunak adalah suatu perangkat yang berfungsi menghubungkan perangkat keras dengan pengguna. Perangkat lunak secara umum terbagi menjadi 2 bagian yaitu :

  1. Perangkat lunak sistem Operasi

Perangkat sistem operasi merupakan bagian terpenting didalam menjalankan suatu perangkat komputer. Sistem operasi merupakan perangkat lunak yang menjembatani antara pengguna dan perangkat keras yang dipergunakan yaitu komputer.

Adapun Sistem operasi tersebut bersifat :

  • Multiuser : dapat digunakan oleh banyak user

  • Multitasking : dapat melakukan banyak tugas


Sistem operasi terbagi menjadi dua klasifikasi

      1. Sistem operasi berbasiskan teks

Merupakan sistem operasi yang menggunakan teks sebagai sistem. Ada beberapa contoh dari sistem operasi berbasiskan teks, yaitu :

  • DOS, (Disk Operating System) yang dikeluarkan oleh Microsoft pada tahun 1981.

  • Unix merupakan sistem operasi berbasis jaringan yang dikeluarkan tahun 1960 dan merupakan sistem operasi tertua. Bagian dari Unix yaitu ;

    1. Unix

    2. O

      Gambar 2.8 FreeBSD

      penBSD

    3. FreeBSD

Unix pertama kali digunakan oleh komputer jenis IBM, HP dan Sun Solaris.


      1. Sistem operasi berbasiskan Unit grafis antar muka (GUI / Graphic Unit Interface)

Merupakan sistem operasi yang berbasiskan gambar atau grafis unit antar muka, Ada beberapa contoh dari sistem operasi berbasiskan GUI, yaitu :

  • Windows merupakan sistem operasi berbasis GUI (Graphical User Interface) yang dikeluarkan oleh Microsoft.

  • Macintosh pertama dikeluarkan pada bulan Januari 1984 sangat mudah digunakan (user friendly) dibandingkan dengan yang lainnya. Versi terakhir yang dikeluarkan Macintosh sistem operasi yaitu sistem X yang digunakan di Apple iMac Desktop ataupun Apple Notebook.

  • Linux pertama kali dikeluarkan tahun 1991 oleh Linus Torvald. Linux ini merupakan salah satu varian dari Sistem Operasi Unix. Linux Generasi I merupakan Sistem Operasi berbasis Teks. Setelah Linux berkembang pesat karena sifatnya open source, maka Linux saat ini telah berbasiskan graifs sebagai antar mukanya. Dan Linux itu terdiri dari beberapa distribusi (distro / Pengembang) :

Beberapa contoh distro linux di bawah ini :

  1. Mandrake

  2. Suse

  3. Fedora Core dan sebagainya


  1. Perangkat lunak aplikasi

Merupakan perangkat yang berfungsi untuk melakukan berbagai bentuk tugas perkantoran seperti pengolah kata, lembar sebar, presentase, pengolahan halaman web hingga perangkat media player dan sebagainya, hal ini sudah berkembang sejak sistem operasi tersebut dikembangkan.

Perangkat lunak aplikasi terdiri dari

    1. Program bantu (Utility)

Merupakan suatu program yang berfungsi untuk membantu sistem operasi seperti yang dijelaskan diatas, seperti, antivirus, defragmenter, format disket, periksa sistem dan sebagainya.

    1. Bahasa Pemrograman

Merupakan suatu aplikasi yang berguna mengkonversi perhitungan yang bersifat matematis menjadi suatu aplikasi. Sebagai contoh bahasa pemrograman Bahasa BASIC, COBOL, C++ dan sebagainya.


  1. Brainware

Brainware (manusia) merupakan pemakai perangkat-perangkat komputer, dan terbagi atas tingkatan pengguna :

  1. System Analyst

System analyst adalah seseorang yang melakukan rancangan analisa sistem yang akan dikerjakan oleh seorang programmer.

  1. Programmer

Programmer adalah seseorang yang mengerjakan program yang berasal dari Sistem analyst

  1. Operator

Operator adalah seseorang yang menjalankan program yang telah dikerjakan seorang programer

D. Klasifikasi Teknologi Informasi

Sistem teknologi informasi dapat dibedakan dengan berbagai cara yaitu :

  1. Menurut fungsi sistem

  2. Menurut ukuran

  1. Menurut Fungsi Sistem

Berdasarkan fungsi sistem, sistem teknologi informasi dibedakan menjadi :

    1. Embedded IT Sistem ( Sistem TI yang melekat)

Adalah sistem teknologi informasi yang melekat pada produk lain. contohnya sistem VCR (video casette recorder) memiliki sistem teknologi yang memungkinkan pemakai dapat merekam tayangan televisi.

    1. Dedikatet IT Sistem (Sistem TI yang khusus.)

Adalah teknologi informasi yang dirancang untuk melakukan tugas-tugas khusus. Contohnya: ATM, dirancang secara khusus untuk melakukan transfer keuangan bagi nasabah bank.

    1. General Purpose IT Sistem (Sistem TI serbaguna)

Adalah teknologi yang dapat digunakan untuk melakukan berbagai aktifitas yang bersifat umum. Sistem komputer yang disebut PC merupakan contoh sistem teknologi informasi serbaguna yang umum dipakai di rumah.


  1. Menurut Ukuran

  1. Superkomputer

Superkomputer adalah jenis komputer yang mempunyai kecepatan proses paling hebat. biasa digunakan untuk menangani aplikasi yang melibatkan perhitungan yang kompleks, misal untuk peramalan cuaca dan perancangan roket. Contoh : Cray dan IBM ASCI white.

  1. Mainframe

Merupakan jenis komputer yang digunakan pada perusahaan berskala besar untuk menangani pemrosesan data dengan volume yang sangat besar. Perusahaan yang menjadi pemain utama dalam kelas ini adalah IBM, Fujitsu, dan Unisys. Contoh mainframe yang terkenal yaitu IBM S/390.

  1. Minikomputer

Minikomputer seringkali disebut dengan sistem Midrange , biasa digunakan pada perusahaan berskala menengah sebagai server. Vendor-vendor terkenal yang memproduksi jenis komputer ini antara lain DEC, IBM, Hewlet Packard, dan Data general.

  1. Workstation

Adalah jenis komputer yang lebih ampuh daripada kebanyakan PC. Awalnya worstation dirancang untuk memenuhi aplikasi perancangan berbasis data grafis seperti CAD, tetapi belakangan juga banyak dipakai sebagai server dalam client/server.

  1. Mikrokomputer

Lebih dikenal dengan sebutan PC atau komputer pribadi. Dapat dibedakan menjadi enam yaitu desktop pc, tower PC, laptop, notebook, dan PDA.



    1. Peranan Teknologi Informasi


Berikut ini beberapa peranan teknologi informasi dalam dunia perbankan, pendidikan, dunia medis, perdagangan elektronis, dan perancangan produk.

      1. Teknologi informasi dalam dunia perbankan

Teknologi informasi ikut mewarnai dunia perbankan. Kehadiran sistem online memungkinkan nasabah mengambil uang dari kantor cabang dari bank yang sama yang berada dimana saja. Sistem seperti ini juga dilengkapi dengan mesin ATM yang memungkinkan nasabah dapat mengambil uang tanpa harus tergantung pada jam kerja bank.

      1. Teknologi Informasi dalam dunia pendidikan

Teknologi informasi juga dapat melahirkan fitur-fitur baru dalam dunia pendidikan. Kini telah banyak perangkat lunak yang tergolong sebagai edutainment yang merupakan perpaduan antara education dan entertainment. Salah satunya dinamakan E-learning (pendidikan jarak jauh)

      1. Teknologi Informasi dalam dunia medis

Banyak rumahsakit yang menggunakan sistem informasi untuk menagani transaksi yang berhubungan dengan karyawan, juru medis, dan pasien. Misalnya untuk mencatat rekaman medis pasien secara elektronis ataupun untuk mencari informasi tentang seorang pasien.



      1. Teknologi Informasi untuk Kepolisian

Kepolisian menggunakan teknologi informasi untuk melakukan berbagai aktifitas. Contoh yang umum adalah pemanfaatan TI untuk membuat SIM, penggunaan teknologi pencocokan pola dapat digunakan untuk memudahkan pencarian sidik jari yang tersimpan dalam basis data.

      1. Teknologi Informasi untuk Perdagangan Elektronis

E-commerce merupakan model perdagangan yang lahir berkat kemajuan internet. Konsumen dapat melakukan transaksi cukup dengan menggunakan komputer, tanpa harus bertemu secara langsung.


BAB II

Konsep Dasar Sistem Komputer


Pengertian Sistem Biner

Sistem biner adalah sistem bilangan yang hanya mengenal dua angka macam yang disebut dengan istilah bit(binary digit) berupa 0 dan 1. Hanya dengan dua kemungkinan bilangan inilah komputer dapat menyajikan informasi yang begitu berguna bagi peradaban manusia.


Bit-bit dapat digunakan untuk menyusun karakter apa saja. Istilah karakter dalam dunia komputer berarti

  1. Huruf, misalnya A dan Z,

  2. Digit, seperti 0,2dan 9,

  3. Selain huruf maupun digit, seperti tanda + serta & dan bahkan simbol beta.


Satuan Elemen Informasi

Bit merupakan satuan data terkecil dalam sistem komputer. Diatas satuan ini terdapat berbagai satuan lain. yakni berupa byte, megabyte, gigabyte, dan pentabyte.

Selain berbagai istilah yang menggunakan istilah byte, kadangkala dijumpai istilah yang menggunakan bit seperti megabite. Penggunaan istilah ini biasanya di kaitkan dengan “per detik” misalnya, 10 megabit per detik. Istilah megabit per detik sering dinyatakan dengan Mbps (megabit per second). Dalam hal ini megabit berarti 1.000.000bit.


Byte

Byte merupakan satuan yang digunakan untuk menyatakan sebuah karakter.

Kilobyte

Kilobyte mempunyai hubungan terhadap byte seperti berikut:

1 kilobyte=1024 byte

Satuan ini seringkali disingkat menjadi KB atau K.

Megabyte

Satuan megabyte identik dengan 1024 kilobyte atau sama dengan 1.048.741.824 byte. Biasa digunakan untuk menyatakan kapasitas RAM dalam Pc, satuan ini seringkali disingkat menjadi MB atau M.

Gigabyte

Satu Gigabyte identik dengan 1024 megabyte atau sama dengan 1.073.741.824 byte. Biasa digunakan untuk menyatakan kapasitas hard disk dalam PC. Satuan ini seringkali disingkat menjadi GB atau G.

Terabyte

Satu terabyte identik dengan 1024 gigabyte atau sama dengan 1.009.511.627.776 byte. Biasa digunakan menyatakan kapasitas hard disk dalam mainframe. Satuan ini seringkali menjadi TB atau T.


Petabyte

Satu petabyte identik dengan 1024 terabyte. Sejauh ini satuan yang biasa disingkat menjadi PB atau P belum digunakan. Dimasa mendatang, hard disk dapat memiliki kapasitas dalam orde petabyte.


Satuan Waktu dan Frekuensi

Bagi manusia 1 detik merupakan waktu yang sangat cepat, tetapi tidak bagi komputer. Kecepatan komputer dalam memproses data sangatlah tinggi. Orde waktu yang digunakan untuk mengerjakan sebuah instruksi jauh untuk di ketahui.

Satuan

Ekivalen

Milidetik

1/1.000 detik

Mikrodetik

1/1.000.000 detik

Nanodetik

1/1000.000.000 detik

Pikodetik

1/1.000.000.000.000.


Satuan lain yang banyak disinggung dalam proses sistem komputer adalah satuan untuk frekuensi. Frekuensi diukur dengan satuan herzt. Frekuensi berarti jumlah siklus dalam satuan detik. 1 hertz berarti bahwa dalam satu detik terbentuk satu siklus. Ukuran frekuensi yang lebih besar yaitu kilohertz dan megahertz dan 1 megahertz= 100 kilohertz.


Sistem Pengodean Karakter

Sistem yang digunakan untuk mengkodekan karakter ada bermacam-macam. Tiga yang terkenal adalah ASCII, EBCDIC,dan Unicode.

ASCII

ASCII(American standart Code for Information Interchange) dikembangkan oleh ANSI. Pada awalnya standart ini menggunakan 7 bit untuk menyatakan sebuah kode.

EBDIC

EBDIC (Extended Binary Coded Decimal Interchange Code) merupakan standart yang dibuat oleh IBM pada tahun 1950-an. standart ini ditetapkan pada berbagai komputer mainframe.

Konversi Sistem Biner dan Sistem Desimal

Sebagaimana telah diketahui bahwa komputer menggunakan sistem biner, sedangkan manusia terbiasa menggunakan sistem desimal. Mengingat hal ini , adakalanya diperlukan untuk mengetahui cara melakukan konversi dari kedua sistem bilangan tersebut.

Konversi dari Sistem Biner ke Sistem Desimal

Caranya angka pada biner tersebut dikalikan dengan position value. Setelah dikalikan, jumlahkan semua angka tersebut. Misalnya, bilangan biner 11100101 akan dikonversi ke bilangan desimal.

Bilangan biner 1 1 1 0 0 0 1 0 1

X X X X X X X X X

Position value 27 26 25 24 23 22 21 20

128+64+32+ 16+8+ 4+ 2+ 1=255


Jadi angka 11100101 (biner) =255 (desimal)


BAB III

PERANGKAT MASUKAN SISTEM KOMPUTER


  1. Jenis Piranti Masukan

Alat input dibedakan menjadi dua, yaitu alat input langsung dan tidak langsung.

    1. Alat input langsung, yaitu input yang dimasukkan langsung diproses oleh alat pemroses. Contohnya : keyboard, mouse dll.

    2. Alat input tidak langsung, yaitu melalui media tertentu sebelum suatu input diproses oleh alat pemroses. Contohnya: keypunch yang dilakukan melalui media puched card (kartu plong), key to tape yang merekam data ke media berbentuk pita (tape) sebelum diproses oleh alat pemroses, dan key to disk yang merekam data ke media magnetik disk (seperti disket atau hard disk) sebelum diproses lebih lanjut.

      1. Keyboard

Adalah alat yang digunakan untuk memasukan data atau informasi atau membuat kode berdasarkan penekanan tombol kunci. Keyboard yang ada selama ini ada dua jenis, yaitu jenis QWERTY dan jenis DVORAK. Secara fisik, keyboard terbagi atas empat bagian, yaitu keyboard serial, keyboard serial, keyboard PS 2, wireless, dan USB.

      1. Mouse

Mouse merupakan alat yang digunakan untuk mengatur posisi kursor dan menggerakan objek gambar di dalam monitor. Pada awalnya mouse dibuat dengan menggunakan roda di bawahnya. Namun dengan perkembangan teknologi, mouse sudah dapat menggunakan sinar laser. Berdasarkan jenis kabelnya, mouse dibedakan menjadi dua jenis, yaitu mouse serial dan mouse PS 2.

      1. Pengambil Gambar Terformat

  1. Bar Code Reader

Bar code adalah pola garis-garis hitam putih yang umum dijumpai pada barang-barang yang dijual di toko-toko swalayan untuk mempercepat proses pemasukan data transaksi penjualan. Bar code ini dibaca dengan alat yang disebut bar code reader yang berupa semacam scanner fotoelektis yang dapat mengonversi data bar code menjadi sinyal digital.

  1. Scanner

Merupakan alat elektronik yang memiliki fungsi mirip dengan mesin fotokopi. Bedanya jika kita menggunakan scanner hasilnya ditampilkan pada layar monitor komputer, kemudian baru dapat diubah atau dimodifikasi sehingga tampilan dan hasilnya menjadi bagus yang dapat disimpan sebagai file, teks, dan gambar.

  1. Kamera Digital

Merupakan kamera yang digunakan untuk mengambil obyek gambar yang diam dan merekamnya. Kamera ini tidak menggunakan roll film seperti layaknya kamera yang dikenal selama ini, melainkan setelah difoto oyeknya langsung dimasukkan ke dalam komputer dan dapat dicetak printer maupun dalam bentuk film.

      1. Speech Recognition Unit

Alat yang digunakan untuk memasukan data atau perintah kedalam komputer dengan cara memasukan suara melalui mic yang dihubungkan dengan unit pengeras suara. Perkembangan alat ini memang tidak secepat perkembangan alat yang lain, namun alat ini pada masa yang akan datang cukup baik digunakan.

      1. Video

Alat yang digunakan untuk mengambil objek gambar bergerak. Peralatan ini sangat berguna bila anda bekerja di perusahaan yang berhubungan dengan iklan dan dunia hiburan. Begitu pula bila ingin berhubungan dengan orang lain dengan menggunakan fasilitas chatting. Orang yang berada ditempat lain yang jauh jaraknya akan dapat melihat kita seperti layaknya berhubungan langsung

      1. Censor

Alat yang digunakan dengan menggunakan sinyal-sinyal yang telah ditentukan. Alat

Ini merupakan alat yang masih baru dalam pengembangan dari teknologi saat ini. Alat ini sangat membantu dalam mengamankan data, terutama pada perusahaan yang sangat mementingkan data para klien-kliennya. Contohnya perusahaan yang bergerak dibidang konsultan.

      1. RFID

RFID (bahasa Inggris: Radio Frequency Identification) atau Identifikasi Frekuensi Radio adalah sebuah metode identifikasi dengan menggunakan sarana yang disebut label RFID atau transponder untuk menyimpan dan mengambil data jarak jauh. Label atau kartu RFID adalah sebuah benda yang bisa dipasang atau dimasukkan di dalam sebuah produk, hewan atau bahkan manusia dengan tujuan untuk identifikasi menggunakan gelombang radio. Label RFID terdiri atas mikrochip silikon dan antena. Label yang pasif tidak membutuhkan sumber tenaga, sedangkan label yang aktif membutuhkan sumber tenaga untuk dapat berfungsi.

      1. Pembaca Kartu Magnetik (MICR)

Digunakan untuk membaca karakter-karakter khusus MICR yang dicetak dengan tinta khusus. Tinta ini nantinya akan demagnetisasi oleh piranti MCIR, sehingga informasi magnetisnya dapat dibaca dan diterjemahkan menjadi sinyal digital. Penggunaanya biasanya pada cek bank dengan bagian bawah seringkali terdiri atas karakter dengan bentuk khusus yang berupa nomor cek, nomor pengurutan,dan nomor account pemiliknya.

      1. Pembaca Kartu Cerdas

Sebelum ada smart-card sudah kita kenal yang dinamakan magnetic stripe card. Yaitu kartu plastik yang ditempeli pita magnetik. Contohnya kartu kredit dan kartu ATM. Pita magnetik pada kartu kredit atau pada kartu ATM itu sama dengan pita audio atau pita video. Kalau pada pita video, pita magnetik itu digunakan untuk merekam suara atau gambar dalam bentuk data analog, maka pada kartu kredit pita magnetiknya untuk merekam data data pemilik kartu kredit dalam bentuk data digital.

Dengan pesatnya kemajuan dari teknologi IC (integrated circuit, rangkaian terintegrasi), maka sekarang sudah dapat dibuat komponen elektronik yang sangat tipis, bahkan lebih tipis dari kartu kredit. Sehingga dimungkinkan untuk membuat suatu rangkaian dengan kecerdasan buatan dalam bentuk terpadu di atas suatu bahan substrat yang dinamakan chip. Chip itu untuk selanjutnya ditanamkan ke dalam suatu kartu plastik. Kartu seperti itulah yang dinamakan smart-card atau kartu cerdas.

Kartu cerdas yang mengandung chip itu digolongkan menurut kemampuan dari chip yang ada di dalamya. Yang pertama disebut memory card, karu cerdas yang hanya dapat menyimpan data dan tidak dapat melakukan pengolahan data.

Kemudian ada yang disebut intelligent memory card, selain mampu menyimpan data, kartu cerdas ini juga mempunyai kecerdasan buatan yang dapat mengatur akses data ke memori kartu.

Yang terakhir processor card, suatu kartu cerdas yang mengandung memori dan mikroprosesor. Sehingga kartu cerdas macam ini mampu untuk mengolah data, dan sering kemampuan ini dipakai untuk mengacak data. Karena itu kartu cerdas tipe ini cocok sebagai kartu pribadi yang dilengkapi dengan personal identification number (PIN). Kartu cerdas ini dapat dibuat kartu yang luwes dan multi-guna karena kartu ini mempunyai sistem manajemen data yang dinamis.

Kalau ditinjau dari teknologinya, maka kartu cerdas yang ada dewasa ini sangat bervariasi macam dan jenisnya. Yang pertama dinamakan unprotected memory card yang hanya berfungsi sebagai memori penyimpan tanpa proteksi. Kartu seperti ini biasanya digunakan untuk kartu telepon, mengandung kode aplikasi dan mekanisme yang sederhana serta tidak dimaksudkan untuk menangani proses off-line.

Kartu cerdas yang berikutnya dinamakan wired-logic memory card yang mengandung banyak gerbang logika dengan prinsip EPROM (erasable and reprogrammable ROM) dan EEPROM (electrically EPROM). Biasanya digunakan sebagai kartu untuk mengakses sistem kontrol dari suatu perkantoran misalnya. Karena mengandung EEPROM, data yang tersimpan di dalam kartu ini dapat dihapus secara elektrik dan diganti dengan data baru, misalnya saldo tabungannya.

Yang berkutnya dinamakan microprocessor card. Dari namanya, sudah jelas kartu ini berotak mikroprosesor 8 bit dengan sistem operasinya tersimpan di dalam ROM (3 sampai 16 kb) yang ditunjang RAM (96 sampai 512 kb).

Kalau kartu cerdas yang lain memerlukan kontak langsung secara fisik dengan card reader (alat pembaca kartu), maka jenis kartu cerdas yang terakhir dinamakan contactless card. Karena kartu cerdas ini dilengkapi dengan antena yang dibenamkan ke dalam kartu plastiknya, sehingga tidak memerlukan kontak langsung secara fisik dengan card reader-nya. Antena itu dapat menangkap sinyal elektromagnetik yang dipancarkan oleh card reader. Sinyal elektromagnetik dari card reader itu yang dapat menghidupkan kartu cerdas itu. Teknologi semikonduktor sekarang ini sudah sedemikian majunya sehingga chip tunggal di dalam kartu tidak terpengaruh oleh bias gelombang elektromagnetik.

1 komentar: