28 September 2007

Mengenal Nama Besar Dalam Anime

Artikel ini akan membawa kamu untuk mengenal sebagian dari orang-orang yang namanya menjadi besar dalam perkembangan anime.

Beberapa nama besar tersebut adalah (tidak secara berurutan secara kronologis) :
1. Osamu Tezuka, inilah “dewa nya anime”, pentolan yang memunculkan anime, manga di dunia hiburan Jepang. Berawal dari kegemarannya terhadap animasi Amerika, Disney, sampai akhirnya beliau menciptakan animasi bergaya Jepang. Menyutradarai TV seri pertama yang menginjak pertelevisian Amerika, Astro Boy.
2. Leiji Matsumoto, dikenal sebagai orang yang memulai Masa Emas Anime pada akhir 1970 dan awal 1980. Leiji terkenal akan seri seri anime opera bertema luar angkasa seperti Space Battleship Yamamoto, Captain Harlock dan Galaxy Express 999
3. Go Nagai. Siapa yang tidak kenal dia?. Kontribusinya terhadap Anime dan Manga sungguh luar biasa. Beliau juga merupakan pionir beberapa jenis (genre) anime/manga. Spesialis anime non fiksi bertema action seperti Mazinger Z banyak ditiru oleh produser dan sutradara jepang lainnya. Karyanya lebih cenderung ke manga namun banyak diadaptasi kedalam anime.
4. Tomino Yoshiyuki, bapaknya Seri Mobile Suite Gundam sekaligus berpengaruh dalam perpindahan periode/zaman Mecha Anime.
5. Mamoru Oshii, orang yang memproduksi anime jenis OVA untuk pertama kali, Dallos. Dan orang yang naik daun dengan Ghost In The Shell. Mamoru pernah menjadi staff dalam produksi seri Patlabor.
6. Akira Toriyama, penulis manga Dragon Ball yang kemudian diangkat menjadi anime yang sangat terkenal. Akira juga merupakan desainer karakter Chrono Trigger.
7. Yoshitaka Amano, karyanya cukup dikenal di barat, dan termasuk yang bertanggung jawab dibalik anime movie Angel’s Eggs. Dia juga orang yang mendesain untuk Squaresoft, termasuk desain karakter Final Fantasy.
8. Rumiko Takahashi, Salah satu wanita terkaya se-Jepang, merupakan otak dibalik manga Ranma 1/2 , Urusei Yatsura, dan Inuyasha. Ketiganya diadaptasi ke anime.
9. Shojij Kawamori, lebih dikenal sebagai seorang desainer mecha dan banyak menerima penghargaan. Shoji menciptakan dan mendesain mecha di Future GPX Cyber Formula, The Vision of Escaflowne, Blue Submarine No.6, dan hampir seluruh serial Macross (kecuali Macross II).
10. Satoshi Tajiri, pencipta seri game Pokémon, yang kemudian menginspirasikan anime yang cukup terkenal dengan nama yang sama selama lebih dari enam musim dan tujuh movie.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar